Ulasan 5 Manfaat Kurma untuk Kesehatan Tubuh

Kurma merupakan salah satu jenis buah-buahan kering yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat pada saat musim haji dan bulan Ramadhan. Kurma berasal dari Timur Tengah dan telah menjadi makanan pokok di Timur Tengan pada ribuan tahun yang lalu. Adapun kandungan zat yang terdapat pada kurma antara lain magnesium, mangan, zat besi, fosfor, vitamin, mineral, serat dan lainnya. Jenis kurma yang banyak dikonsumsi adalah jens Deglet Noor date dan Medjool. Tekstur kurma yang kenyal dan manis begitu disukai oleh semua orang. Selain itu manfaat kurma juga sangat banyak dan beragam.

Mengapa Mengonsumsi Kurma?

Banyaknya zat besi yang terdapat  pada kurma dapat membantu perkembangan otot dalam tubuh. Sehingga tubuh menjadi tidak mudah lelah dan kekuatan otot lebih meningkat. Dalam hal ini kurma juga sangat cocok di makan untuk pemulihan dari cidera atau sakit. Kemudian kandungan serat dan mineral yang terdapat pada kurma membuat tubuh menjadi lebih lama dalam mencerna makanan sehingga tidak mudah merasakan lapar.

Berikut ulasan 5 manfaat kurma untuk kesehatan:

  1. Pencernaan Menjadi Sehat

Serat yang terdapat pada buah kurma dapat membantu anda untuk menjaga kesehatan pencernaan. Pada kurma terdapat salah satu jenis serat yang disebut serat tidak larut. Sehingga serat tidak larut tersebut dapat membantu untuk memadatkan feses. Dengan mengonsumsi kurma penyakit diare ataupun sembelit akan menjadi berkurang.

  1. Jantung yang Sehat

Jantung adalah organ bagian dalam tubuh manusia yang harus benar-benar dijaga. Karena jantung memiliki peran penting dalam tubuh manusia. Salah satu cara menjaga kesehatan jantung adalah dengan banyak mengkonsumsi kurma. Karena kandungan kalium dan magnesium yang terdapat dalam kurma dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah pada tubuh. Selain itu kandungan serat pada kurma juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol pada tubuh.

  1. Meningkatkan Energi Tubuh

Energi pada tubuh sangat dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari. Ketika bekerja ataupun sekolah banyak memerlukan energi. Salah satu cara agar tidak mudah lelah dan energi tubuh dapat terjaga dengan baik yaitu mengonsumsi kurma.

  1. Menyehatkan Tulang

Kandungan zat besi, mineral dan mangan pada kurma dapat membuat tulang lebih kuat dan mencegah osteoporosis.

  1. Membantu Program Diet

Bagi para pejuang program diet, kurma merupakan camilan yang cocok untuk dikonsumsi. Kandungan serat dan karbohidrat yang terdapat pada kurma dapat membuat anda merasakan kenyang dalam waktu yang lama. Namun, tetap jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya dan imbangi dengan olahraga yang teratur.

 

Demikian beberapa ulasan tentang manfaat kurma untuk kesehatan tubuh. Jika anda mengalami permasalahan kesehatan yang bisa diatasi dengan manfaat kurma di atas, cobalah mengonsumsi kurma minimal tiga buah sehari.

sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *